Chat with us, powered by LiveChat

Sunrise nan Private di Pulau Kenawa, Surga Mungil punya Sumbawa

Sudah pernah mendengar tentang Pulau Kenawa? Jangan sampai tertukar dengan Pulau Kanawa yang ada di Nusa Tenggara Timur. Sebab pulau yang satu ini letaknya di Nusa Tenggara Barat.

Sebenarnya Kenawa adalah sebuah pulau kecil tanpa penghuni yang menjadi bagian Kabupaten Sumbawa Barat. Pulau seluas 15 hektar ini dikelilingi garis pantai berpasir putih yang membentang hingga 1,73 kilometer.

Pulau Kenawa memiliki ciri khas berupa bukit tunggal berselimut tumbuhan yang menjulang di salah satu sisinya. Dikelilingi padang rumput yang luas, semilir angin dengan suara gemerisik rerumputan, dan suasana tenang dan damai.

Berkat keindahannya yang masih sangat alami, Kenawa bisa menjadi lokasi kemah yang ideal. Bonusnya adalah semburat warna jingga sunrise dan sunset yang syahdu.

Pengunjung pulau ini juga bisa menjajal snorkeling, menikmati keindahan bawah lautnya yang masih terpelihara oleh alam. Tetapi sebaiknya siapkan persediaan air yang cukup, karena tidak ada sumber air bersih di pulau mungil ini.

Jika berkunjung ke Kenawa saat musim hujan, wisatawan bakal disambut hamparan padang rumput kehijauan yang asri. Saat musim kemarau tiba, rerumputan berubah menjadi permadani kekuningan. Uniknya, kita bisa melihat dua warna rerumputan sekaligus saat peralihan musim.

Pulau Kenawa bisa dicapai dengan menyeberang menggunakan kapal-kapal kecil dari dermaga pelabuhan Poto Tano. Jarak yang ditempuh hanya 200 meter, jadi waktu yang dibutuhkan juga tak lebih dari 20 menit.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *